Rabu, 05 Februari 2014

Penyebab Produk Online Anda Tidak Laku di Pasar


 
Di era media seperti ini memiliki usaha dengan modal terbatas bukanlah hal yang mustahil, anda dapat menapaki langkah demi langkah kesuksesan bisnis dan usaha anda melalui media internet.
Demam toko online atau yang lebih populer disebut e-commerce memang manjadi alternatif yang sangat efektif bagi para pengguna internet yang ingin meraup keuntungan. Tak perlu modal besar, mencari untuk membangun toko, bahkan produk yang dipasarkan pun terkadang tak perlu anda miliki terlebih dahulu. Dengan kata lain, anda dapat memulai bisnis ini hanya dengan bermodalkan konektifitas internet.
Terdapat banyak cara untuk memasarkan produk anda melalui media online mulai dari yang paling sederhana melalui jejarimg sosial seperti facebook, twitter atau menggunakan fasilitas blog gratis yang disediakan oleh beberapa penyedia layanan blog gratis. Bahkan saat ini telah muncul beberapa website penyedia layanan Buat Toko Online Gratis. Tentunya hal ini sangat menggiurkan baik untuk pelaku bisnis pemula atau yang sudah berpengalaman untuk memanfaakannya.
Namun pada kenyataannya tidak semua orang berhasil di segmen e-commerce. Tak sedikit gagal dan kapok untuk mencoba lagi jenis usaha ini. Masalah yang sering banyak ditemui oleh pelaku bisnis toko online adalah kurangnya minat pasar untuk membeli produk dagangan yang mereka tawarkan. Tentu saja keberhasilan penjualan sangat bergantung pada banyaknya penjualan yang dapat mereka lakukan, semakin tinggi penjualan maka semakin tinggi juga omset dan keuntungan yang akan didapatkan.

Untuk itu perlu dicari beberapa faktor dan penyebab yang menjadikan dagangan anda tidak laku dipasaran, ada beberpa hal harus anda perhatikan terlebihterhadap dahulu mengenai produk yang anda tawarkan, sekiranya ini mampu memberikan referensi apa-apa saja yang harus anda lakukan sebelum memulai usaha e-commers
1. Seberapa besar pasar produk tersebut
Mengetahui seberapa banyak dan besar orang mencari produk yang anda tawarkan sangatlah penting, jika tingkat kebutuhan orang terhadap barang yang anda tawarkan besar maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan penjualan terhadap barang yang anda tawarkan, untuk pasar online produk fashion misalnya salah satunya menjadi produk yang mempunyai minat pasar yang tinggi
2. Seberapa banyak pengunjung yang melihat
Meskipun produk yang anda tawarkan memiliki nilai minat pasar yang tinggi tidak akan berpengaruh apabila hanya sedikit orang yang melihat produk anda. Lagi-lagi jika hal ini terjadi, maka rejeki masih belum bisa menjadi milik anda. Hal yang perlu anda lakukan adalah menaikan trafik kunjungan ke website atau blog dimana anda memasang produk yang anda tawarkan. Simak cara menaikkan trafik kunjungan ke website anda.
3. Kecepatan pelayanan terhadap konsumen
Respon pelayanan yang cepat terhadap konsumen hal lain yang juga penting untuk diperhatikan, berikanlah service terbaik terhadap konsumen agar mereka merasa nyaman, berikan pula mereka kemudahan dengan memeberikan informasi yang lengkap mengenai produk dan cara bertransaksi. Serta jalin hubungan baik dan dapatkan kepercayaan dari konsumen.
4. Tentukan harga yang tepat dan dapat bersaing.
Harga yang terlalu tinggi pastinya akan membuat pembeli enggan untuk membeli bahkan melirik pun tidak, namun jika harga yang dipatok terlalu rendah maka juga akan berpengaruh terhadap omset dan keuntungan yang akan kita terima. Untuk itu tetapkan harga yang tepat tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, juga dapat bersaing dengan produk serupa dari pelaku bisnis toko online yang lain.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan, selain 4 hal diatas tentunya masih banyak cara dan hal-hal lain yang harus diterapkan dan diperhatikann dalam membangun usaha toko online anda. Sebesar apa usaha dan upaya anda dalam mengembangkan toko online anda sebesar itu pula hasil yang anda dapatkan. Simak juga tips memasang produk agar dapat menarik banyakpelanggan di toko online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi anda dalam menjalankan usaha anda. Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar